Model Cantik Usut Pencurian Foto Bugil yang Dipakai untuk Menipu

Model Jess Davies ini memulai kariernya di umur 18 tahun, tapi dia tidak tahu bahwa foto-fotonya akan disalahgunakan untuk menipu banyak laki-laki hidung belang.

Model Cantik Usut Pencurian Foto Bugil yang Dipakai untuk Menipu

Sekarang jess sudah berusia 27 tahun, dan sudah menerima banyak sekali pesan hingga jutaan orang yang mengaku sudah berkontak dengan pihak yang memakai foto-fotonya. Hal ini membuatnya kebinggungan hingga sekarang, dan ia tidak pernah tahu kenapa dapat demikian.

Beberapa saat yang lalu dalam tayangan dokumenter baru di sebuah saluran BBC Three, When Nudes Are Stolen, Jess menelusuri di mana dan bagaimana foto-fotonya disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanagguna jawab, sekalian mengucapkan bagaimana hal ituberdampak pada hidupnya

Hal Yang Sudah Hampir Tidak Diingat Oleh Model Jess Ini Terjadi Kembali Tanpa Hentinya.

Waktu pertama kalinya itu jess mendapatkan pesan dari agen POKER ONLINE di media sosial, yang bilang bahwa ada orang memakai fotonya dan meniru dia dengan menggunakan indetitasnya untuk mendaftar game online. Pada mulanya ia hanya mengira itu hanya terjadi sekali saja, tapi sudah hampir belasan tahun kemudian saya masih menerima pesan semacam itu nyaris setiap minggu.

Para pelaku mengganti semua identitas jess atau memakai foto dengan nama palsu, lalu mereka memakai profil itu untuk mencoba menerima uang dari para lelaki hidung belang yang tidak menyimpan curiga. Korban rata-rata baru tahu siapa saya sesungguhnya sesudah mengecek lewat piranti verifikasi foto (reverse image search) dan menemukan profil media sosial saya yang sesungguhnya.

Mereka menggunakan foto-foto lama jess ketika ia sedang duduk di bangku rumah, dan juga ketika masih bayi, atau ketika di permainan bisbol. Bahkan foto ketika bersepeda dengan orang tuanya bahkan mereka gunakan juga. Melainkan, ada kesamaan: hampir semua profil palsu ini mencantumkan foto-foto ketika masih remaja.

Sekarang ini jess telah bekerja sebagai model dan influencer, tapi ketika masih muda ia memang sanggat ingin sekali menjadi seorang figur glamor, tampil di majalah-majalah seperti Nuts, Zoo, dan FHM – yang digemari para laki-laki muda di Inggris.

Walau begitu model tersebut belum pernah berpose telanjang bulat sama sekali, hanya saja memang sudah pernah dipotret telanjang dada di majalah-majalah itu. Walau sekarang versi cetak majalah-majalah hal yang demikian tidak ada lagi, bukan berarti foto-foto yang dulu juga menghilang.

Sangat sulit sekali baginya untuk membuktikan bagaimana rasanya ketika tahu ada seseorang, bahkan mungkin banyak orang, memakai foto-foto saya di masa silam untuk penipuan. Seperti berada di perperangan yang tidak menonjol dan ia tidak tahu siapa yang jadi musuhnya.

Saya sukses menutup sebagian profil palsu, tapi selalu muncul lagi yang baru. Identitas saya selalu dan berulang kali direnggut dan seiring berjalannya waktu ini memberi pengaruh perasaan atas diri saya sendiri.

Baru-baru ini saya menemukan penyebab hal hal yang demikian terus terjadi – dan di mana foto-foto saya akan berakhir – berkat bantuan dari penyelidik swasta Laura Lyons.